Cara Terbebas dari Ajakan Menggosip di Kantor

gosip1

Yang namanya menggosip bukan saja domain kaum cewek, ternyata cowok juga banyak yang nggak secara ‘sengaja’ melakukannya. Dari sekedar obrolan biasa sesama rekan kerja di kantor, terkadang bisa berujung pada menggosip atau menggunjingkan orang lain.

Saya sendiri mungkin salah satu orang yang suka mendengarkan gosip-gosip terbaru, entah itu dunia artis hingga politik. Manusiawi sih buat orang yang rasa ingin tahunya banyak. Cuma kalo udah duduk di meja kerja, saya pantang banget ikut membaur dengan penggosip-penggosip di kubikel lain. Malah karena saking asyiknya kerja, saya suka dibilang anti sosial.

Kenapa saya nggak suka bergosip di jam kerja? Yang namanya di dunia kerja, menggosip dipercaya bisa menurunkan efisiensi bekerja, deadline makin molor, dan terkadang jam pulang ngantor makin molor.

Makanya kalo nggak mau terjebak asyiknya pergibahan di ruang kerja, simak aja tips-tips berikut:

1. Menghindar

3-questions-that-will-almost-eliminate-gossip032614_2
foto: ministry127.com

Menggosip tampaknya memang menyenangkan, tapi lebih baik kamu menahan diri untuk nggak ikutan di dalamnya. Sebagian besar pekerja bergosip saat makan siang atau coffee break. Nah, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan nggak berada di kelompok penggosip.

2. Mengganti Topik

fotolia_60578733_s-960x540
foto: ajlongo.com

Terkadang menghindar dari bergosip lebih sulit dari yang dibayangkan. Dalam kasus ini, jika kamu terlanjur berada di dalam percakapan yang penuh gosip, sebaiknya segera ganti topik pembicaraan yang lebih umum atau humor-humor segar.

3. Pura-Pura Sibuk

0gil9tu
foto: imgur.com

Jika seorang teman sedang menghampiri dan mengajak kamu bergosip, sebaiknya buatlah dia tampak sungkan dan segan. Ya, kamu harus terlihat sedang sibuk mengerjakan sesuatu. Dengan begitu dirinya akan sadar bahwa dia hanya mengganggu pekerjaan kamu saja.

4. Jangan Menimpali

Business secrets.
foto: spi-global.com

Ketika kondisi kamu tidak memungkinkan untuk berpaling dari gerombolan penggosip di kantor, sebaiknya kamu hanya sebagai pendengar saja. Jangan pernah menimpali karena kamu akan menjadi bagian dari bumbu gosip yang biasanya dilebih-lebihkan dari fakta yang sebenarnya.

5. Menjaga Rahasia

Businessman whispering something to his colleague
foto: usnews.com

Jika gerombolan penggosip sedang menggosipkan seseorang yang kamu kenal dan kebetulan kamu tahu rahasia orang tersebut, sebaiknya simpanlah buat kamu sendiri. Jangan pernah menabur ‘bumbu’ gosip dengan membongkar rahasianya. Jika kamu membongkarnya, para penggosip secara tidak langsung bakal menilai kamu sebagai orang yang nggak bisa dipercaya.

Author: chawir

Cuma seorang penulis biasa yang dikelilingi keluarga, teman, dan alam semesta yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *