Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless yang Perlu Diketahui

Kebingungan mau milih kamera DSLR atau mirrorless? Saya juga pernah di kondisi ini. Tapi berkat googling-googling dan bertanya ke sana-ke mari, akhirnya kebingungan itu sirna. Maka, jadilah tulisan ini.

Untuk kebutuhan fotografi profesional biasanya pilihan orang langsung tertuju ke kamera DSLR. Namun, sejak Epson meluncurkan kamera rangefinger pertamanya bertitel R-D1 di tahun 2004, semuanya berubah. Ya, kamera ini adalah cikal-bakal kamera mirrorless yang kini dianggap sebagai alternatif fotografi profesional.

Nggak cuma Epson aja, saat ini beberapa vendor kamera berlomba-lomba menghadirkan kamera mirrorless andalan, seperti Olympus, Sony, Nikon, Ricoh, Canon, hingga Samsung. Bisa dibilang, kamera mirrorless sedang meramaikan tren fotografi saat ini. Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan antara kamera ini dengan mirroless?

1. Desain dan Bobot

Ilustrasi bobot kamera DSRL vs Mirroless (foto: photographylife.com)

Kamera mirrorless yang saat ini beredar di pasaran memiliki desain yang lebih ramping juga bobot lebih ringan dari kamera DSLR. Nggak heran, kamera ini jadi pilihan bagi mereka yang menginginkan perangkat se-compact kamera saku tapi kualitas setara DSLR.

Rampingnya desain kamera mirrorless dikarenakan kamera ini tidak memiliki cermin di dalam tubuhnya. Sementara kamera DSLR memiliki cermin yang ukurannya harus sama dengan ukuran sensornya. Semakin besar sensor yang dipakai, maka semakin besar pula cermin yang dibutuhkan. Nggak heran, ukurannya tentu jadi lebih besar dibandingkan kamera mirrorless.

2. Lensa

Dibandingkan kamera mirrorless, ketersediaan lensa untuk kamera DSLR jauh lebih banyak sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan profesional yang menuntut tehnik fotografi yang tinggi. Memang sih saat ini sudah ada kamera mirrorless yang memiliki kelengkapan lensa yang lebih baik dan konverter yang memungkinkan kamera untuk kompatibel dengan lensa yang beredar di pasaran. Tapi dengan desainnya yang lebih kecil, kamera ini terlihat tidak presisi dan stabil ketika menggunakan lensa yang besar dan panjang.

3. Viewfinder

Viewfinder merupakan fitur yang wajib ada di semua kamera DSLR, tapi tidak begitu dengan kamera mirrorless yang rata-rata menggunakan live preview alias layar pada bagian belakang bodinya. Viewfinder memberikan pandangan optik yang jelas dengan tampilan alami dari sudut pandang mata manusia, sementara livepreview tidak selalu sempurna karena bergantung pada kualitas layar LCD yang digunakan.

Memang sih, sekarang sudah ada viewfinder elektronik yang bisa digunakan pada kamera mirrorless. Sayangnya fitur ini masih dianggap tidak lebih baik daripada viewfinder bawaan pada kamera DSLR.

4. Kualitas Gambar

Kamera DSLR banyak yang menawarkan resolusi tinggi hingga 50 MP, di saat kebanyakan kamera mirrorless masih berada di bawahnya. Tapi hal ini hanya sekedar megapiksel, tidak menjadi hal yang utama dalam kualitas gambar.

Sebenarnya kualitas gambar dalam sebuah kamera dipengaruhi oleh sensor yang digunakan. Dengan ukuran yang lebih besar, sebuah kamera DSLR memungkinkan untuk dibenamkan dengan sensor yang lebih besar. Tapi secara keseluruhan tidak ada kualitas gambar yang menentukan kamera DSLR lebih baik, karena ukuran sensor yang besar juga kini sudah tersedia di kamera mirrorless.

5. Harga

Secara umum, DSLR lebih murah dibandingkan kamera mirrorless. Ya, sebagai konsekuensi dari desain yang lebih kecil dan ukuran lebih compact, kamera mirrorless memiliki harga yang lebih mahal dari DSLR. Sekalipun ada yang murah, beberapa fiturnya tentu ada yang dipangkas, seperti ketiadaan viewfinder dan fitur-fitur profesional lainnya. Untuk memiliki kinerja, fitur, dan daya yang sama pada kamera DSLR, banderol harga pada kamera mirrorless dipastikan akan lebih mahal.

So, gimana? Udah ketemu kamera apa yang kamu mau? Saya pribadi sih lebih memiliki menggunakan kamera mirrorless karena bobotnya lebih enteng. Toh, pada akhirnya saya cuma sekedar penggiat hobi bukan profesional hehehe…

Author: chawir

Cuma seorang penulis biasa yang dikelilingi keluarga, teman, dan alam semesta yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *